Tuesday, November 6, 2012

Film: The Expendables 2 (2012), Bernostalgia Di Museum Para Bintang Aksi


Director: Simon West
Screenplay by: Richard Wenk, Sylvester Stallone
Casts: Sylvester Stallone, Jason Statham, Jet Li, Dolph Lundgren, Chuck Norris, Liam Hemsworth, Jean-Claude Van Damme, Bruce Willis, Arnold Schwarzenegger

 


Review:
 
1. Museum Para Senior dan PG-13
Menonton The Expendables 2 ibarat menuju sebuah ruang museum yang dipenuhi hal-hal yang membuat kita bernostalgia dengan masa lalu. The Expendables 2 dipenuhi oleh bintang aksi senior dan papan atas yang memiliki masa keemasannya masing-masing. Sayang sekali jika popularitas mereka disia-siakan. Mengumpulkan para bintang senior dalam sebuah ruang "museum" ini adalah ide bagus sekaligus mengingatkan kita kembali atas masa kejayaan bintang-bintang tersebut. Usia memang tidak bisa berbohong, namun semangat dan usaha Sylvester Stallone, Jason Statham, Jet Li, Dolph Lundgren, Chuck Norris, Liam Hemsworth, Jean-Claude Van Damme, Bruce Willis dan Arnold Schwarzenegger patut diacungi jempol. Di museum bernama "The EXpendables 2" para bintang itu berpesta, bernostalgia atas masa kejayaannya. Bergesernya rating film The Expendables dari R (Restricted) menuju PG-13 pada sekuelnya berpeluang menambah basis fans film ini. Umpatan dan kata-kata kasar pun harus bernegosiasi dengan rating klasifikasi penonton.
 

2. Plutonium, Cliche, Predictable
Hal-hal klise masih belum dapat sepenuhnya dihindari oleh film ini. Entah karena terbatasnya ruang kreatifitas atau mampatnya kreatifitas penulisan naskah itu sendiri. Premis dasar film The Expendables 2 bisa dibilang klise. Sekelompok tim yang dipimpin oleh Barney Ross mendapatkan tugas untuk menyelamatkan plutonium yang dahulu ditinggalkan oleh Uni Soviet selama Perang Dingin. Jean Villain ingin merebut dan menguasai plutonium tersebut. Sebenernya adegan-adegan awal film ini cukup seru dan dapat membangkitkan semangat penonton. Namun seiring durasi film berjalan, adegan-adegan ini tampak membosankan dan mudah ditebak. Karakter-karakter nampak stereotip dan dialog yang dialirkan pun tak kalah klise. Usaha membawa angin segar dalam film ini dilakukan lewat dialog-dialog humor diantara para karakter. Namun hal ini juga belum mampu menyelamatkan skenario The Expendables 2 yang kurang berkembang. Jujur bahkan saya sempat mengantuk di pertengahan film. Apapun itu The Expendables 2 memiliki daya tarik tinggi melalui deretan aktor aksi senior yang popularitasnya tidak main-main di masa keemasannya.

 
Cinemovie-Rate: 6,5/10

No comments:

Post a Comment

Share Your Words: