Wednesday, September 19, 2012

Film: Cache / Hidden (2005, France), Pertanyaan yang Tak Terjawab?


Director: Michael Haneke
Screenplay: Michael Haneke
Country: France
Casts: Juliette Binoche, Daniel Auteuil, Maurice Benichou


 

Review:
 
1. Teror Videotape
Awalnya saya mengira Cache (Hidden) ini adalah film thriller massal yang memakan banyak korban. Ternyata dugaan saya salah. Cache menurut saya adalah film drama suspense dengan teka-teki yang sangat susah dijawab oleh penontonnya. Saya sadar betul film ini memiliki alur yang lambat dan berpotensi membosankan. Namun premis yang dihadirkan dari awal film cukup menjanjikan, yaitu adegan long take di depan rumah yang ternyata bagian dari teror videotape. Opening yang unik ini menurut saya menuntut kesabaran penonton. Rasa penasaran atas teka-teki film ini membuat saya bertahan menonton Cache selambat apapun alurnya. Banyak adegan dengan long-take sekitar 1 menit atau lebih. George, seorang suami dari Anne dan seorang ayah dari Pierrot, belakangan terus menerus diteror oleh sebuah videotape yang ditemukan di depan rumahnya. Video tersebut berisi keadaan rumah George dan keluarganya. Video ini seperti mengintai keseharian George beserta keluarganya. Istri George yang resah dan ketakutan akan nasib keluarganya, terutama nasib anaknya, meminta bantuan Polisi, tapi Polisi menyimpulkan bahwa video tersebut tidak memuat ancaman sehingga laporan keluarga George ini tidak diproses lebih lanjut. Selanjutnya Haneke menggiring penonton untuk memasuki labirin penuh pertanyaan dan teka-teki, sekaligus menjebak penonton sehingga sulit untuk keluar dari labirin tersebut. Tricky!

 
2. Tak Terjawab, Sulit Ditebak
Jika film mainstream kebanyakan menjabarkan jawaban atas teka-tekinya di akhir film, Cache "menyuruh" penontonnya untuk membuat jawaban sendiri. Ya, film ini membuka perbedaan interpretasi penonton selebar-lebarnya. Hingga akhir film kita tidak diberi jawaban oleh Haneke. Menipu? Tentu bukan. Cache bukan tipuan, melainkan renungan sekaligus petunjuk yang tricky. Masa lalu George menjadi tumpuan George dalam mengungkap pengirim teror video tersebut. Hingga dia bertemu Majid, anak angkat orang tua George yang mulai dikenalnya pada tahun 1960, pada masa pembantaian massal di Prancis. George curiga Majid adalah dalang dibalik teror ini. Namun Majid mengelak, Majid tidak mengetahui perihal teror video tersebut. Masa kecil Majid begitu suram, dia diusir oleh orang tua George karena tipu daya George. Apakah ada motif balas dendam dalam teror ini? Pertanyaan itu tidak bisa dijawab hingga akhir film. Banyak spekulasi dan analisa muncul dari pengamat, kritikus dan penonton tentunya dengan versi yang berbeda-beda. Saya sendiri hanya bisa menebak, bukan memberikan jawaban pasti. Menurut saya semua karakter dalam film ini berpeluang menjadi pelaku teror. Bahkan tokoh utama sendiri, George, juga mungkin saja menjadi pelaku teror. Setiap tebakan mungkin saja bisa menjadi jawaban yang benar atas teka-teki film ini. Jawaban mana yang benar? Entahlah..

 
Cinemovie-Rate: 8,5/10

 
Note:
Film Cache meraih penghargaan Best Director Festival Film Cannes 2005 dan beberapa penghargaan lain dalam festival-festival film lainnya.

15 comments:

Share Your Words: