Monday, September 24, 2012

Film: 4 Luni, 3 Saptamani si 2 Zile / 4 Months, 3 Weeks, and 2 Days (2007, Romania), Hitam-Pahit Moralitas


Director: Cristian Mungiu
Writer: Cristian Mungiu
DOP & Producer: Oleg Mutu
Casts: Anamaria Marinca, Laura Vasiliu, Vlad Ivanov
Country: Romania
 
 
 
Review:
 
1. Hitam-Pahit Krisis Moral
Rumania, 1987. Moral dipertaruhkan. Ibarat pekatnya kopi tanpa gula, 4 Months tidak hendak menyajikan suatu hal yang manis. Apa yang disajikan Cristian Mungiu adalah sebuah realita kelam yang sangat pahit pada masa Komunis berjaya di Rumania. Gabita, seorang pelajar yang hamil di luar nikah hendak menggugurkan kandungannya. Otilia, teman asrama Gabita dengan suka rela membantu Gabita dalam praktik aborsi ilegal termasuk meminta uang kepada Adi, kekasihnya untuk tambahan biaya aborsi Gabita. Disinilah rentetan peristiwa tak terduga dialami oleh Otilia dan Gabita. Mereka berdua harus bergulat dengan batin dan nurani mereka. Sekali lagi, penyelesaian yang mereka tempuh ini sudah menggadaikan moralitas, sekaligus meninggalkannya jauh di belakang.

 
2. Aborsi: "Korban Harga Diri"
Praktik aborsi ilegal di Rumania pada kala itu dapat dikenakan hukuman penjara hingga 10 tahun. Baik yang di aborsi maupun dokter yang mengaborsi dapat dikenakan hukuman. Gabita telah merancang aborsi ini di sebuah hotel. Dia menggunakan jasa Mr. Bebe. Dialog diantara Gabita, Otilia dan Mr. Bebe berlangsung cukup lama dan menguras emosi. Mr. Bebe menjelaskan banyak hal mengenai pengaruh aborsi dari sisi kesehatan dan aspek hukum. Dialog mereka begitu padat. Di mata saya, Otilia lah yang menjadi korban sebenarnya. Dia mengorbankan diri demi sahabatnya. Mr. Bebe tidak hanya mau dibayar dengan uang, tapi juga dengan berhubungan badan. Antara marah, kecewa dan terpaksa, Otilia setuju dengan kesepakatan tersebut. Otilia makin kebingungan ketika dia harus mendatangi pesta ulang tahun ibu kekasihnya di saat yang bersamaan.

 
3. Suspense Thriller yang Realis
Menurut saya pribadi, 4 Months adalah film yang sangat kuat dari segi cerita, pemeranan dan sinematografi. Thriller disini timbul bukan karena rentetan pembunuhan massal, namun suspense dibangun dari gerak-gerik para karakter. Dengan pendalaman yang mumpuni ketegangan tercipta tanpa bantuan scoring musik yang mengagetkan. Puncaknya adalah ketika Gabita akan diaborsi. Adegan ini tampil begitu klimaks dan menegangkan, sekaligus membuat penonton tidak nyaman bahkan mual. Sang sutradara lihai mengatur tensi cerita., mulai dari scene yang tenang hingga sangat menegangkan. Ya, film tanpa scoring musik ini mengandalkan suara-suara alami dan gambar realis yang setia mengikuti kegelisahan para tokohnya. Anamaria Marinca tampil hampir sempurna sebagai Otilia. Kegelisahan dan ketakutannya dapat tertangkap dengan baik. Film 4 Months tampil begitu depresif, emosional dan meresahkan dalam mengungkap pahitnya realitas remaja di Rumania.



Cinemovie-Rate: 9,5/10

 
Note:
- 4 Months, 3 Weeks, and 2 Days memenangkan Piala Palem Emas untuk Film Terbaik Festival Film Cannes 2007.

- Maksud dari judul "4 Months, 3 Weeks and 2 Days" adalah usia kandungan Gabita yang akan di aborsi secara ilegal.


No comments:

Post a Comment

Share Your Words: