Tuesday, September 18, 2012

Film: Don't Be Afraid of The Dark (2011, Horor dalam Kegelapan Rumah Kuno


Produser: Guillermo Del Toro
Director: Troy Nixey
Cast: Katie Holmes, Guy Pearce, Bailee Madison



Produser film Guillermo Del Toro semakin dengan dikenal karena karyanya Pans Labyrinth yg berhasil masuk Oscar dan Golden Globe. Film horor yang gelap dan misterius sering jadi andalannya. Film terbarunya Don't Be Afraid of The Dark (2011) disutradarai oleh Troy Nixey, namun naskahnya ditulis oleh Del Toro.


Sinopsis:
Sally, seorang anak perempuan yang terpaksa berpisah dengan ibu kandungnya dan harus tinggal bersama ayah dan ibu tirinya. Bersama ayah dan ibu tirinya, Sally tinggal di sebuah rumah kuno namun mewah, rumah pelukis Blackwood yang menghilang puluhan tahun yang lalu. Awalnya Sally tidak ingin tinggal dirumah itu apalagi hrs berpisah dengan ibunya. Praktis Sally membenci Kim, ibu tirinya. Petualangan berlanjut setelah Sally menemukan ruang bawah tanah. Ditemani ayah dan Kim serta penjaga rumah, Sally masuk ruangan bawah tanah dan menemukan sebuah tungku perapian yang tertutup, secara diam-diam Sally membuka tungku perapian tersebut.


Setelah tungku itu terbuka, ternyata terdapat lorong panjang dan gelap. Tiap malam selalu ada suara-suara yang mengajak Sally untuk bermain. Sally yang awalnya tertarik dengan ajakan itu berubah menjadi ketakutan ketika mengetahui bahwa mahluk yang mengajaknya bermain adalah monster kecil (peri jahat) yg menyerupai tikus dalam jumlah banyak. Monster kecil ini hanya bisa bertahan dalam kegelapan (takut cahaya) dan mengincar anak-anak (gigi anak-anak). Ayah Sally awalnya tidak percaya dan menganggap hal itu hanyalah fantasi Sally. Cerita berlanjut dengan serangkaian teror yang dilakukan oleh monster kecil itu kepada Sally dan penghuni rumah lainnya. Keberadaan monster kecil itu sangat mengancam nyawa semua penghuni rumah terutama Sally.




Review:
Film ini menitikberatkan pada atmosfer horor yang gelap, bukan pada hantu-hantu seperti yang biasanya terdapat dalam film horor dengan setting rumah tua. Monster kecil yang ditampilklan dengan efek visual khusus memang tidak menyeramkan, namun pada adegan tertentu kehadirannya bisa saja mengejutkan penonton. Art direction dalam film ini tertata rapi dan patut diacungi jempol. Sinematografi tetap terjaga sekalipun dalam setting yang gelap. Setting memang hanya di halaman (hutan) dan di dalam rumah kuno tersebut, namun suasana gelap sangat ditonjolkan, bahkan pada adegan tertentu susah melihat pergerakan karakter dalam film itu (saking gelapnya).


Film diawali dengan penuturan yg baik dlm memperkenalkan karakter dan munculnya misteri, namun setelah durasi berjalan film ini melakukan repetisi adegan untuk menakut-nakuti penontonnya dan hal ini justru membuat penonton semakin terbiasa, tidak terkejut, tidak menyeramkan. Plot memang terasa klise, terutama adegan Ayah Sally dan Psikolog yang tidak mempercayai Sally, rasanya plot klise ini sudah sering terjadi pada film lain. Beberapa plot hole (lubang) juga terjadi dan tidak terjawab dengan baik. Akting Sally dan Katie Holmes cukup mencuri perhatian. Walaupun standar dan bukan happy ending, namun ending film ini cukup mampu menyelamatkan cerita.



Cinemovie-Rate: 7/10

No comments:

Post a Comment

Share Your Words: