Tuesday, September 18, 2012

Film: Uncle Boonmee Who Can Recall His Past Lives/Loong Boonmee Raleuk Chat (Thailand, 2010), Film Terbaik Cannes 2010

Director: 
Aphicatpong Weerasethakul

Writer: 
Aphicatpong Weerasethakul

Casts:
Thanapat Saisaymar, Jenjira Pongpas, Sakda Kaewbuadee




Film ini sangat ajaib, sama ajaibnya dengan juri2 Festival Film Cannes 2010 yang memilih menganugrahkan Palme d'Or utk film Uncle Boonmee (yang berarti Film Terbaik Cannes 2010). Waktu itu banyak sekali pertanyaan, mengapa film Thailand ini yang menang. Salah satu juri mengatakan perfilman dunia banyak yang condong ke Hollywood (Hollywood-ised) dan Uncle Boonmee memilih jalan yg berbeda. Saya pun juga sangat bertanya2, apa karena orisinalitas? Penting mana antara orisinalitas dengan plot cerita (dalam hal ini film naratif). terkadang saya masih tidak habis pikir film antah berantah ini bisa menang Cannes.

Sinopsis: 

Adegan awal film diawali dg seekor kerbau yang lepas dari talinya, dan ada monkey ghost yang mengamatinya. Apakah ini past live dari Boonmee? Apakah dulu Boonmee seekor binatang? saya tidak paham. Kemudian cerita berlanjut Boonmee yang sudah menginjak masa tua menderita suatu penyakit (saya menduga penyakit ginjal) dan harus sering melakukan pengobatan rutin. Boonmee memlilih tinggal di pedesaan (dimana dia mempunyai kebun) bersama saudara iparnya Jen dan keponakannya Tong, serta Jaai yang merawat Boonmee. Tiba-tiba suatu malam pada saat makan malam, muncul arwah wanita, Huay yang merupakan mantan istri Boonmee dan siluman kera, Boonsong yang merupakan anak Boonmee.

Huay sibuk melihat foto2 pemakamannya, dan Boonsong bercerita kenapa dia menghilang setelah Huay meninggal dan menjadi monkey ghost. Apa yang ditanya Boonmee pada arwah istrinya ketika mereka bertemu.. "Kamu sudah makan?". Sampai disini saya berkali-kali mengernyitkan dahi, film apa yg saya tonton ini. Arwah Huay rajin merawat Boonmee ketika Jaai berencana pindah ke Laos.


Ditengah film ada seorang putri buruk rupa yg sudah lanjut usia, dia ingin kembali cantik sprti masa mudanya. Apa yang dia lakukan? Perempuan paruh baya tersebut bercinta dengan ikan lele. Saya hanya bisa geleng-geleng melihat adegan ini, ajaib skali! Adegan berhenti sampai disitu, lantas apa hubungannya dengan Boonmee? apakah dulu Boonmee adalah ikan lele? Apa yang Anda harapkan dari sebuah film yang didalamnya ada adegan cewek paruh baya yg bercinta dengan ikan lele?

Boonmee bercerita masa lalunya memang kelam, dia dulu tentara/militer yg banyak sekali membunuh para komunis dan mgkn penyakit ginjal itu sebagai karmanya. Boonmee bertanya kepada arwah istrinya, "Dimana saya bisa menemui kamu setelah meninggal? Apakah di Surga?". Sang arwah istri menjawab, "Heaven is overrated. Gak ada apa2 disana." Dan Boonmee diajak arwah istrinya menuju sebuah goa tempat Boonmee dilahirkan, Boonme berkata, "Mata saya terbuka tapi saya tidak bisa melihat apa2". Arwah istri menjawab, "Kamu belum terbiasa dengan gelap gulita". Boonmee meninggal didalam goa, disaksikan oleh banyka monkey ghost. Berikutnya Tong menjadi Biksu, Jen kembali ke kota.


Review:

Film ini mungkin sangat spiritual bagi masyarakat Thailand. Untuk lebih memahaminya mungkin harus tau dongeng-dongeng/cerita rakyat Thailand dan katerbatasan akan pemahaman budaya Thailand tersebut yang membuat saya tidak dapat menangkap seluruh pesan atau sekedar mengartikan simbol/metafora. Apakah film ini film reinkarnasi? belum tentu, bisa jadi binatang2 yg ditampilkan merupakan simbol.

Film berat? mungkin ya, bahkan sangat berat. Film ini sangat sepi, tanpa scoring/musik dan slow motion, jarang ada dialog. Akting para cast juga biasa2 saja, tidak ada yang istimewa. Kamera lebih banyak mengambil gambar sekeliling hutan/pegunungan beserta binatang-binatangnya.


Ya, apapun itu film ini sudah terlanjur menang Film Terbaik Cannes 2010, walaupun banyak kritikan dari media luar negeri.


Cinemovie-Rate: 6/10

No comments:

Post a Comment

Share Your Words: