Tuesday, September 18, 2012

Film: Y Tu Mama Tambien/And Your Mother Too (2001, Mexico), Perjalanan Menuju "Dewasa"


Director: Alfonso Cuaron
Screenplay: Carlos Cuaron, Alfonso Cuaron
Casts: Maribel Verdu, Gael Garcia Bernal, Diego Luna
Country: Mexico
Year: 2001

Review:
 
1. Road Movie

Tahun 2001, Mexico memiliki film yang mampu menunjukkan kualitasnya hingga tingkat Internasional. Penghargaan-penghargaan pada beberapa Festival Film Internasional didapatkan film tersebut. Film yang saya maksud berjudul Y Tu Mama Tambien/And Your Mother Too, film ini memiliki gaya bertutur yang berani dan vulgar. Julio dan Tenoch adalah dua remaja laki-laki yang beranjak dewasa. Mereka saling bersahabat dan masing-masing memiliki kekasih. Setelah kekasih mereka berlibur di Italia, Julio dan Tenoch bertemu dengan Luisa, istri dari sepupu Tenoch. Julio dan tenoch yang tertarik dengan kecantikan Luisa mengajak Luisa untuk melakukan perjalan ke sebuah pantai indah. Luisa yang memiliki masalah rumah tangga dengan suaminya menyetujui ajakan Julio dan Tenoch. Sepanjang perjalanan ini, Julio, Tenoch dan Luisa saling bertukar pengalaman dan membicarakan perihal seksualitas diantara mereka. Perjalanan mereka penuh "nafsu" dan emosi. Sang sutradara tidak lupa menunjukkan kondisi politik nasional di Mexico serta keadaan daerah pinggiran di Mexico yang jauh dari kata sejahtera.

2. Jati Diri, Persahabatan dan Seksualitas
Film ini memiliki rate "Restricted". Adegan seksual/dewasa banyak ditunjukkan selama durasi berlangsung. Walau dengan setting remaja, sebenarnya film ini tidak sesuai untuk ditonton para remaja. Film yang sangat personal ini bisa saya bilang vulgar dalam mengungkap jati diri diantara Julio, Tenoch dan Luisa. Emosi mereka bertiga dapat ditangkap dengan baik karena kepiawaian akting Maribel, Gael Garcia dan Diego Luna yang mumpuni. Satu per satu konflik muncul selama perjalanan mereka menuju pantai yang ingin mereka temukan. Persahabatan Julio dan Tenoch terancam ketika mereka berdua diam-diam menyukai Luisa. Kejadian yang mempertemukan mereka bertiga dalam keadaan mabuk di sebuah kamar menggiring penonton pada konklusi yang absurd. Sejauh apa nantinya jati diri dua remaja laki-laki ini terbentuk ketika dihadapkan pada ketertarikan mereka pada satu wanita? Alfonso Cuaron tidak hendak menghakimi nasib Julio dan Tenoch. Memang ketika film ini menuju ending, masih ada pertanyaan di benak penonton tentang nasib persahabatan Julio dan Tenoch. Kisah dewasa yang dibawa Julio, Tenoch dan Luisa ini mampu menguliti sisi para karakter melalui sebuah perjalanan yang membawa penonton pada konklusi yang absurd, atau bahkan mencengangkan!


Cinemovie-Rate: 8/10

 
Note:
Film Y Tu Mama Tambien mendapatkan penghargaan Best Foreign Language Film Pada New York Critics Circle Award, Best Screenplay pada Venice Film Festival dan beberapa nominasi pada BAFTA Award, Oscar dan Golden Globe Award 2002.

2 comments:

  1. link downloadnya dmn om??

    ReplyDelete
  2. wah saya gak punya link-nya om..

    dulu nontonnya dari koleksi DVD lama.

    ReplyDelete

Share Your Words: