Monday, September 24, 2012

Film: THE AVENGERS (2012), Ketika Para Superheroes "Berpesta"


Director: Josh Whedon
Production: Marvel Studios, Paramount Pictures
Writer: Joss Whedon, Zak Penn
Cast: Robert Downey Jr., Samuel L Jackson, Scarlett Johansson, Mark Ruffalo, Chris Evans, Chris Hemsworth, Jeremy Renner

 



Review:
 
1. Film Blockbuster raksasa Hollywood dan perdana IMAX komersil di Indonesia
Rasanya The Avenger boleh dibilang sebagai film superhero yang paling ditunggu tahun ini. Rilis secara interasional awal Mei 2012, Indonesia pun tak ketinggalan menampilkan aksi keroyokan para superhero ini. Bahkan saking latahnya, beberapa bioskop menayangkan The Avengers lebih dari 3 studio, sebut saja Plaza Senayan XXI yang langsung memutar The Avengers pada 6 STUDIO atau Ciputra World XXI Surabaya yang langsung memutarnya di 5 studio. Luar biasa antusias penikmat film. Bahkan salah satu terobosan terbaru jaringan 21 adalah IMAX yang merupakan Image Maximum, yaitu sebuah proyeksi film yang memiliki kemampuan gambar dengan ukuran dan resolusi yang lebih besar dari film konvensional lainnya. Standar layar IMAX adalah 22 meter lebar dan 16 meter panjang (72,6 x 52,8 kaki). Yang pasti tiket IMAX ini cukup mahal. Mungkin kepuasan nonton di studio IMAX ini yang luar biasa.


2. From Tesseract to The Avengers Project
Kubus Tesseract yang merupakan sumber energi multi dimensi tanpa batas ini terbuang ke bumi dan menyebabkan para alien Chitauri melakukan invasi ke bumi. Loki (saudara Thor) dari Asgard adalah biang keroknya. Dia bekerjasama dengan Chitauri untuk menghancurkan bumi dan manusia. S.H.I.E.L.D yang dikomando oleh Nick Fury berusaha menggabungkan Iron Man, Captain America, Hulk, Thor, Black Widow dan Hawkeye dalam sebuah proyek The Avengers Initiative untuk mencegah invasi para Chitauri. Pertarungan sengit pun terjadi. Bahkan diantara para superhero tersebut sempat terpecah dan saling bersitegang. Bukan hal yang mudah untuk menggabungkan para superheroes ini dalam 1 (satu) film, karena masing-masing karakter kuat dan latar belakang yang berbeda-beda dari para superheroes ini. Seperti yang saya duga, dari keenam karakter superhero ini pasti ada 1 atau 2 karakter yang menonjol. Menurut saya, Iron Man lah yang paling menonjol. Captain America mendapat porsi yang imbang dengan yang lainnya. Black Widow yang diperankan oleh Scarlett Johannson cukup mencuri perhatian.


3. Formula lama dan efek luar biasa
Kenapa dibilang formula lama? Menurut saya dari segi plot cerita tidak ada sesuatu hal baru yang menonjol untuk sebuah film superhero. Bumi diserang, superhero datang, that's it. Mungkin ide penggabungan superhero ini yang menjadikan The Avenger menyedot banyak perhatian penikmat film, terutama anak-anak. Selingan humor melalui dialog-dialog Stark dan aksi Hulk bisa jadi menambah suasana fun film ini. Sepanjang film penonton akan disuguhkan berbagai kecanggihan teknologi dan spesial efek luar biasa yang mewarnai pertarungan para superhero yang membuat durasi 2,5 jam tidak terasa membosankan. Entertaining.


Cinemovie-Rate: 8/10


No comments:

Post a Comment

Share Your Words: