Tuesday, September 18, 2012

Film: WAR HORSE (2011), Dimensi Lain Perang Dunia 1; A Masterpiece from Steven Spielberg


Director : 
Steven Spielberg
 
Producer: 
Steven Spielberg, Kathleen Kennedy
 
Writer: 
Richard Curtis, Lee Hall, Based on novel War Horse by Michael Morpurgo
 
Casts: 
Jeremy Irvine, Emily Watson, Peter Mullan, David Thewlis, Benedict Cumberbatch


 
Review:
 
1. PG-13 untuk film perang
 
Steven Spielberg memang sering mengangkat tema Perang Dunia dalam film-filmnya. Namun dengan rate PG-13, War Horse tampil cukup bersahabat untuk ukuran film perang.  Di sebuh kota kecil di Inggris, Ted Narracott memenangkan lelang seekor kuda dengan harga yang tidak wajar. Kuda yang bukan kuda bajak itu dihargai  Ted dengan harga tinggi hanya karena gengsi belaka.Walau Rose istri Ted marah karena Ted menghambur-hamburkan uang untuk kuda yang belum bisa diandalkan, namun Albert, putra dari Ted dengan sepenuh hati merawat dan melatih kuda tersebut yang kemudian diberi nama Joey. Karena kesulitan ekonomi, Ted memutuskan  untuk menjual kudanya kepada tentara Inggris untuk dilibatkan dalam Perang Dunia 1 melawan Jerman. Albert yang terlanjur menyayangi kudanya harus rela melepaskan Joey. Setelah tentara tersebut meninggal, kuda Joey beberapa kali beralih tangan dari dua tentara Jerman, gadis kecil dan petani Prancis, seorang perawat kuda tentara Jerman, hingga tentara inggris. Keberadaan Joey dalam medang perang memberikan sentuhan magis dalam film ini. Kepiawaian Spielberg dalam mengarahkan binatang/kuda dalam film ini sangat luar biasa. Persahabatan Albert dan Joey memang ditujukan untuk segala umur, sehingga anak-anak pun dapat menikmati film ini.

 

2. Dimensi Lain Perang Dunia 1
 
Jika film perang pada umumnya menjadikan tentara atau warga sipil sebagai fokus cerita, namun War Horse memilih jalan yang berbeda. Dari tangan dingin Steven Spielberg, War Horse sukses menjadikan binatang/kuda sebagai fokus utama dan benang merah cerita sekaligus menjadi dimensi lain Perang Dunia yang selama ini jarang tersentuh. Mungkin hanya dalam film ini tentara Inggris dan tentara Jerman bersama-sama menyelamatkan Joey dari kawat berduri. Pencapaian teknis yang digelar film ini juga luar biasa. Gambar indah dan artistik disertai scoring musik yang mumpuni menjadikan suguhan Steven Spielberg kali ini makin lengkap dalam hal kualitas teknis. Joey yang merupakan seekor kuda membawa cerita banyak karakter dalam film ini. War Horse berhasil menjabarkan plot cerita dari level personal menuju lanskap sosial suatu jaman yaitu sebuah situasi yang besar dalam sejarah dunia. Touching, technically great! Simply, War Horse is one of the best movie that I’ve ever seen.
 

Cinemovie-Rate: 9/10
 

Note:
War Horse berhasil meraih beberapa nominasi Oscar/Academy Award 2012 yaitu nomine Best Picture, Best Art Direction, Best Cinematography, Best Original Score, Best Sound Editing, Best Sound Mixing.
 

No comments:

Post a Comment

Share Your Words: