Thursday, September 20, 2012

Film: The Tree of Life (2011), What is the Main Point?

Director: Terrence Mallick
Casts: Brad Pitt, Sean Penn, Jessica Chastain
 


Review:
Ya, saya sangat penasaran dengan film yang dibintangi Brad Pitt, Sean Penn dan Jessica Chastain ini sejak film ini memenangkan Film Terbaik Cannes tahun 2011. Walau menang Cannes, waktu menonton film ini saya berusaha tidak terpengaruh oleh pilihan juri Cannes. Memang pendapat saya sangat subjektif, tapi nyatanya saya kesulitan menemukan poin utama film ini. Apa yang hendak disampaikan tidak sepenuhnya dapat diterima penonton. Wajar jika ada kabar belasan penonton meninggalkan gedung bioskop ditengah-tengah film, mungkin karena kebosanan.


Film Terrence Malick ini memang sangat personal, saking personalnya saya susah menangkap apa maunya fil ini. Scene-scene yang bergulir kurang berkesinambungan. Beberapa adegan seperti terpisah satu sama lain. Jadi apa intinya? Ayah yg otoriter? trauma masa kecil? Atau dinosaurus yang tiba-tiba muncul ditengah film. Memang sekilas film ini banyak mempertanyakan tentang takdir kehidupan, penderitaan, kematian lewat narasi yg dibawakan beberapa cast,dari sudut pandang yang berbeda. Adegan ending tidak kalah mengejutkan. Karakter yang diperankan Sean Penn ketemu dengan keluarga dan masa kecilnya di pantai! Apa seolah-olah padang Mahsyar? Sutradara yang mengerti maksudnya..
 

Cinemovie-Rate: 6,5/10



No comments:

Post a Comment

Share Your Words: