Tuesday, September 18, 2012

Film: Doubt (2008), Keraguan Akan Suatu Prasangka Tanpa Fakta


Sutradara : 
JOHN PATRICK SHANLEY
Pemain : 
MERYL STREEP, PHILIP SEYMOUR HOFFMAN, AMY ADAMS, VIOLA DAVIES
Tahun :
2008
Review:
Bermula dari prasangka buruk sister Aloysius (Meryl Streep) terhadap Father Flynn (Philip Seymour Hoffman. Father Flynn "diduga" melakukan pelecehan seksual terhadap salah satu murid krn ada yg memergoki Flynn mengembalikan celana ke locker murid tersebut. Lagi-lagi semua itu hanya dugaaan dan kecurigaan semata, sister Aloysius mencoba membuktikan kecurigaannya tersebut memang fakta.


Skenario digarap dgn baik dan akting para cast yg sangat brilian.
Meryl Streep dan Philip Seymour Hoffman sangat pantas disebut sbgai aktor/aktris watak. Emosi Meryl & Philip yg luar biasa membuat penonton terperangkap dan bingung harus memihak kepada siapa, krn kedua belah pihak tersebut sama2 tidak mempunyai cukup bukti yang dapat mendukung argumentasi mereka. Setting tempat yang terbatas hanya di ruang kelas, ruang kepala sekolah, gereja dan halaman sekolah mampu dimaksimalkan dg scene2 dan dialog yg cerdas minim ilustrasi musik.


Saat menonton film ini, penonton dibuat bertanya2 apa sebenarnya motif sister Aloysius ingin membuktikan bahwa Father Flynn bersalah. Betapa berbahayanya suatu keraguan yang berangkat dari prasangka buruk. Ending film memang tidak secara gamblang menunjukkan hitam dan putih, mana yang benar dan mana yang salah serta akan mengundang jawaban yang berbeda-beda. Namun yang pasti Sister Aloysius tampak menyesal dengan prasangkanya, dia menangis dan berkata "I'm doubt.."


Cinemovie-Rate: 8,5 / 10


Note:
Film dg setting tahun 1960-an ini mendapat bbrpa nominasi Academy Award/Oscar khususnya di bidang akting.

No comments:

Post a Comment

Share Your Words: