Tuesday, September 18, 2012

Film: The Descendants (2011), A Magnificent and Touching Family Drama


Director: 
Alexander Payne
 
Casts: 
George Clooney,Shailene Woodley, Judy Greer, Beau Bridges, Nick Krause



 


Setelah sukses mengarahkan Sideways dan About Schmidt, Alexander Payne kembali lagi dgn film terbarunya, The Descendants yang kini masuk nominasi Best Picture Oscar 2012 dan telah menjadi Film Terbaik di Golden Globe Award 2012 serta Best Actor Golden Globe 2012 untuk George Clooney.

 

Sinopsis:
 
Sepertinya formula yg digunakan Payne msh dlm koridor cerita keluarga dan pasang surut hubungan pasangan suami istri. Dalam The Descendants ini Geroge Clooney berperan sbg Matt King yang merupakan ayah dari 2 orang gadis dan suami dari Elizabeth yang diceritakan tidak sadarkan diri (koma) krna kecelakaan.Bahkan dokter memvonis bahwa Elizabeth tidak akan sadar dan dokter menyarankan untuk melepas segala peralatan medis yang terpasang di tubuh istri Matt King krn kondisi Elizabeth memang parah. Sebelum mencabut semua peralatan medis, Matt King memberitahu kondisi Elizabeth kepada semua keluarga dan rekan2nya utk menjenguk dan mengucapkan perpisahan kepada Elizabeth.

 
Intensitas cerita semakin meningkat ketika Alex, putri Matt King, memberitahu kepada Matt King bahwa Elizabeth berselingkuh dengan pengusaha real estate. Jelas Matt King marah, namun apa yg bs diperbuat ketika istrinya sedang koma. Percuma baginya marah2. Yang Matt King lakukan justru diluar dugaan, dia berusaha utk mencari siapa selingkuhan istrinya dan mengajak pria tersebut utk menemui istrinya sebelum semua peralatan medis dicabut. Konflik semakin bertambah ketika Matt King yang merupakan salah satu pewaris tanah harus membuat keputusan untuk keluarga besarnya, apakah tanah di Hawaii tersebut harus dijual atau dipertahankan?

 

Review:

Film The Descendants ini sangat unggul dalam emosi para cast dan jalinan cerita yang natural dan wajar, tidak terasa berlebihan/cengeng. Semua cast berakting dengan pas sesuai porsi mereka masing2, yang paling menonjol jelaslah George Clooney, yang berhasil memerankan sosok ayah dan suami yg "galau", namun harus berdiri tegak diatas semua konflik yg dibebankan pada dirinya dan harus mengambil keputusan2 yg tepat. Akting kedua anak gadis Matt King (Shailene Woodley & Judy Greer) jg mencuri perhatian dan terlihat sangat sensitif atas tragedi yg yg terjadi dlm keluarganya. Woodley berhasil masuk nominasi Best Supporting Actress Golden Globe 2012 dr film ini.

 
The Descendants memang sebuah tampilan yang manis dan menyentuh, dilengkapi beberapa sentuhan komedi yg dipadukan dgn sinematografi yg indah serta musik2 hawaii yg memanjakan telinga. Semua elemen tersebut ditambah akting yg natural dan wajar membuat The Descendats menjadi unggulan Oscar tahun ini. Film ini mudah dipahami oleh penonton dan penonton mudah mengikuti/terkoneksi dgn emosi2 para karakter. The Descendants memiliki tema cerita yang cukup dewasa namun The Descendants bukanlah film berat, bahkan film ini sangat ringan namun memiliki naskah yg luar biasa yg membawa makna kehidupan yg dalam.


Cinemovie-Rate: 8,5/10

No comments:

Post a Comment

Share Your Words: